I.Jelaskan apa yang anada ketahui tentang teknologi Input / Output !
1.DVORAK & QWERTY
DVORAK adalah merupakan
sebuah tata letak papan ketik yang di patenkan tahun 1936 oleh August Dvorak
(seorang professor dan psikolog pendidikan di University of Washington di
Seatte) dan William Dealey
QWERTY adalah merupakan
jenis tata letak pada tombol-tombol keyboard yang digunakan pertama kali pada
sebuah mesin tik buatan E.Remington pada tahun 1874. Penamaan qwerty itu
sendiri karena tombol-tombol huruf Q.W.E.R.T.Y berada secara berurutan seperti
terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini
2. OCR, DMR, OpScan
OCR adalah singkatan dari
Optical Character Recognition, merupakan alat mekanis atau elektronika yang
digunakan untuk menterjemaahkan tulisan tangan ataupun naskah ketikan berupa
image/gambar yang biasanya di pindai menggunakan Scanner menjadi teks yang
dapat di edit dengan suatu aplikasi komputer
DMR adalah singkatan dari
Digital Mark Reader, merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna Scanner
dokumen untuk melakukan suatu pemeriksaan form ujian, kuisioner, dan entri data
dengan teknologi pengenalan data
OpScan adalah merupakan
Scanner khusus yang menggunakan teknologi OMR. Alat ini membaca tanda-tanda
yang terdapat pada lembar jawaban computer yang biasanya menggunakan pensil 2B
untuk menandai jawaban
3. OMR
OMR singkatan dari Optical Mark Recognition, adalah
sebuah perangkat lunak (software) yang memproses data melalui pantulan cahaya
dengan menggunakan alat pemindai (scanner)
4. MICR
MICR singkatan dari Magnetic Ink Character
Recognition, merupakan alat pembaca magnetis yang banyak digunakan untuk
mengecek berbagai dokumen berharga agar sukar dipalsukan. Pemakaiannya banyak
digunakan di Bank-Bank. Alat ini mampu membaca huruf-huruf yang di tulis pada
kertas yang dibuat dengan tinta magnetis, baik tulisan tangan ataupun magnetis.
5. RFID
RFID singkatan dari Radio Frequenci Identification,
adalah sebuah metode identifikasi dengan sarana yang di sebut label FRID atau
transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label FRID terdiri
dari chip silicon dan antena, fungsinya untuk di pasangkan pada objek agar
dapat diidentifikasi menggunakan gelombang radio dari jarak jauh.
6. ASR
ASR, Automatic Speech Recognition merupakan teknologi
pengenalan suara otomatis atau sebuah teknologi yang memngkinkan sebuah input
dapat diwakilkan dengan menggunakan suara saja
7. CCD
CCD, Charge Coupled Device merupakan sebuah sensor
untuk merekam gambar. Terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan
kondensator yang terhubung ata berpasangan. CCD banyak digunakan dalam
fotografi digital dan astronomi (terutama dalam fotometri) optical dan
spektroskopi UV.
8. CGA, EGA, VGA, XGA, SXGA, UXGA
CGA Color Graphics
Adapter, merupakan monitor yang diluncurkan IBM pada tahun 1981 dan baru
memiliki 4 warna dengan resolusi 320 x 200 pixel.
EGA Enhanced
Graphics Adapter, merupakan kelanjutan dari teknologi CGA, dimana kemampuanya
mengalami peningkatan yang cukup pesat menjadi 16 warna dengan resolusi 640 x
350 pixel.
VGA Video Graphic
Adapter, merupakan standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama
kali oleh IBM pada tahun 1987, dan merupakan standar grafis terakhir yang
diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer sampai saat ini.
XGA Extended
Graphics Array, merupakan standar tampilan komputer yang diluncurkan IBM pada
tahun 1990 dengan resolusi 1024×768 pixels.
SXGA Super Extended
Graphics Array, merupakan teknologi monitor yang keberadaanya setingkat lebih
tinggi dari XGA dengan resolusi standar 1280×1024 pixels. dan merupakan
teknologi yang paling banyak digunakan pada monitor LCD 17dan 19 inchi.
UXGA Ultra Extended
Graphics Array, mengacu pada resolusi monitor standar 1600 × 1200 piksel (total
1.920.000 pixel), yang persis empat kali resolusi default SVGA (800 × 600)
(sebesar 480.000 piksel).
9. Omnidirectional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo
Canceling
Omnidirecional, Merupakan jenis
mikropon yang dapat merekam suara dari semua arah.
Unidirectional, Mikropon jenis
ini hanya menyerap suara dari satu arah dan tidak sensitif terhadap suara-suara
yang ada di sekeliling lainnya.
Noise Canceling : Merupakan
mikropon yang dapat menghilangkan gangguan suara pada latar belakang.
Echo Canceling : Merupakan
mikropon yang dapat menghilangkan gema atau umpan balik yang muncul antara
mikropon dengan pembicara.
10. THX, DDS, DTS
THX adalah salah
satu set kriteria quality control untuk movie theater bioskop, game dan speaker
komputer.
DDS adalah direct
digital syntesizer merupakan metode untuk menghasilkan sinyal analog dengan
menggunakan sinyal dalam waktu yang berubah-ubah dalam bentuk digital.
DTS merupakan salah
satu serangkaian teknologi multichannel audio.
11. Pasive Matrix dan Active Matrix
Pasive Matrix : Merupakan
teknologi pada layar LCD yang masih sederhana, dimana pada prinsipnya, setiap
LCD menggunakan matrix untuk menempatkan pixel dan kemudian dialiri listrik.
Pada layar matriks pasif, sebuah transistor mengontrol seluruh piksel pada
baris dan kolom di layar datar.
Active Matrix : Pada layar
matriks aktif disebut juga TFT (thin – flat -transistor) dimana masing masing
piksel pada layar datar dikontrol oleh sebuah transistor tersendiri.
12. Dotmatrix,
bubblejet, deskjet, impact, ink-jet, laser
Dot Matrix : Merupakan
teknologi printer yang bekerja dengan menggunakan head yang terdiri atas 9 dan
24 pin. Untuk mencetak hasil kerja, printer jenis ini menggunakan bahan pita
karbon seperti yang digunakan pada mesin tik dan masih menggunakan port
komunikasi berupa port paralel.
Bubble Jet, DeskJet, dan Ink-Jet : Prinsip kerja teknologi printer ini hampir sama, yakni ketiganya dalam
proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses
penyemprotannya diatur oleh komputer) kemedia cetak guna menghasilkan character
ataupun gambar yang sesuai.
Impact : Teknologi printer yang dapat membentuk karakter atau gambar dengan mekanisme tertentu, misalnya print hammer atau bola pada pita bertinta, sehingga memunculkan gambar di kertas.
Impact : Teknologi printer yang dapat membentuk karakter atau gambar dengan mekanisme tertentu, misalnya print hammer atau bola pada pita bertinta, sehingga memunculkan gambar di kertas.
Laser Jet : Merupakan
printer yang menggunakan teknologi yang sama seperti mesin fotokopi , yaitu
panas dan tekanan untuk mengikat toner ke permukaan halaman kertas. Printer
laser jet juga mencetak hitam putih ataupun warna dan mempunyai resolusi antara
300-1.200 dpi atau lebih, serta memberikan kualitas yang lebih baik daripada
printer dot matriks dan ink jet.
13. LCD, Plasma,
CRT
LCD : (Liquid
Crystal Display) Merupakan teknologi monitor yang menggunakan sejenis kristal
cair yang dapat berpendar.
Plasma : Merupakan
teknologi monitor dengan display datar, dimana memanfaatkan teknologi fosfor
yang dapat berpendar. Pada plasma gas, tiap sel warna memiliki gas yang
bertekanan rendah yang terletak di belakangnya. Tegangan tinggi pada elektroda
sel tersebut akan membuat gas bergerak mengarah ke plasma. Radiasi ultraviolet
yang dihasilkannya akan mengeksitasi fosfor pada layar dan akan memendarkannya
sehingga tertangkap oleh mata kita.
CRT : (Cathoda Ray
Tube) Merupakan teknologi monitor yang memanfaatkan tabung sinar katoda untuk
penampil layarnya. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara
memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar.
SUMBER :
I II.Jelaskan apa yaang anda pahami tentang teknologi prossesor !!
1. SSE, SSE2, SSE3
SSE : Streaming SIMD Extension
adalah pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX.
Merupakan set pengembangan yang lebih besar dari instruksi SIMD
(Single Instruction Multiple Data), dengan
dukungan floating point 32 bit dan penambahan set register-register
vektor 128 bit, yang memudahkan operasi SIMD dan FPU dalam waktu yang
bersamaan.
SSE2 :
(streaming SIMD Extension2) adalah suatu teknologi Intel pengembangan
lanjut dari SSE yang emiliki
Single Instruction Multiple Data 144 instruksi baru, dimana
SSE hanya memiliki 70 instruksi.
SSE3 : (Streaming SIMD Extension3)
adalah teknologi yang berhasil diciptakan Intel
yangmerupakan pengembangan dari SSE2. SSE3 memiliki 13 tambahan instruksi
baru,atau dengan kata lain SSE3 memiliki 13 instruksi lebih banyak daripada
SSE2
2. 3DNow!
3DNow! adalah
nama sebuah teknologi yang dibuat oleh AMD yang
berfungsi untuk memperbaiki aspek operasi multimedia,
yang akan dipakai pada prosesor
produksinya. 3DNow! didesain untuk meningkatkan
kemampuan CPU dalam pengolahan/pemrosesan vektor yang
diperlukan untuk aplikasi grafik secara intensif.
3. NXbit
Nxbit :
adalah teknologi yang digunakan oleh prosesor untuk memisahkan sebagian
area memori untuk tempat penyimpanan lain, misalnya tempat penyimpanan data.
Bagian memori ini diberi tanda (atribut NX) yang berarti hanya dapat digunakan
untuk penyimpanan data.
4. PowerNow!
PowerNow! : adalah
teknologi yang digunakan oleh AMD untuk mengurangai kecepatan kerja prosesor
dalam upaya menghemat energi (power). Teknologi
ini biasanya diaplikasikan pada prosesor mobile yang biasa
digunakan untuk laptop. Pada saat prosesor dalam
kondisi idle atau loading minimal, secara
otomatis clock speed dan Vcore prosesor menurun, yang berakibat
kebutuhan atau konsumsi daya listrik menurun sehingga dapat menghemat
penggunaan listrik dalam baterai, dan laptop dapat bertahan beroperasi lebih
lama. Selain itu, tingkat kebisingan kerja (misalnya suara kipas) dan panas
yang ditimbulkan oleh laptop juga akan berkurang, serta dapat memperpanjang
umur prosesor.
5. Cool’n’Quiet
Cool’n’Quiet : adalah
peningkatan kinerja procesor sering meningkatkan konsumsi power dan kebisingan.
Dengan teknologi ini memungkinkan pengunaan power yang efektif dan sistem yang
lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan.
6. Hyper-Threading
Hyper-Threading : adalah
teknologi yang menggunakan lebih dari satu jalur Thread dalam sebuah processor
sehingga mempercepat pemrosesan data, karena seolah-olah sistem dikerjakan oleh
lebih dari satu processor.
7. Dual-Core
Dual-Core : adalah
teknologi processor yang menggunakan dua buah inti
(core) prosessor dalam sebuah kemasan prosesor
konvensional. Dual core (inti processor)
ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya.
Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clock speed yang
sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti processor tersebut.
8. SpeedStep
SpeedStep : merupakan
teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor dapat diubah clock speed-nya
menjadi lebih rendah dari clock speed aslinya. Pengubahan besarnya clock speed
ini bisa dilakukan dengan menggunakan software.
9. Hyper Transport
Hyper Transport : merupakan
teknologi penggandaan bus pada jalur sistem sehingga data yang dapat diantar
dalam satu waktu lebih banyak karena lalulintas data yang lebih cepat.
10. MMX
MMX :
adalah sekumpulan instruksi SIMD. Dengan penerapan SIMD,
memungkinkan chip processor mengeksekusi perintah-perintah yang
berulang-ulang atau yang paralel secara cepat, terutama ketika processor
menjalankan perintah yang berhubungan dengan video, audio, grafik, dan animasi.
MMX merupakan sebuah perluasan instruksi mikroprocessor yang membantu proses
perhitungan pada beberapa aplikasi.
Sumber :
III. Jelaskan type BUS pada Personal Computerr di bawah ini !!
1 1. ISA : adalah teknologi antar muka untuk menghubungkan
perangkat komputer yang sudah mulai ditinggalkan. Perangkat komputer yang
menggunakan ISA diantaranya modem dan sound card. ISA jauh lebih lambat dari
PCI, sehingga peralatan PCI secara umum lebih baik.
2. EISA (Extended Industry Standard
Architecture) : adalah arsitektur standar yang dikembangkan
oleh beberapa perusahaan komputer (Compaq, AST, Zenith, Tandy,dll) untuk
standarisasi operasi 32 bit
3. VL-BUS (Vesa Local BUS) : merupakan jalur yang dibuat untuk
menyesuaikan kecepatan mikroprocessor di dalam komputer.
4. PCI (Peripheral Component Interconnect) :
adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras.
PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu
dapat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal.
5. AGP (Accelerated Graphics Port) : adalah sebuah bus
yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi,
menggantikan bus ISA,bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.
6. FireWire : adalah merek dagang Apple sekaligus nama yang
paling populer untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394. Sony
memperkenalkan IEEE 1394 dengan nama i.Link. Meski namanya berbeda-beda,
ketiganya (FireWire, IEEE 1394 dan i.Link ) sama-sama menunjuk pada jenis kabel
data yang mampu mengirimdata dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada
rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran
penghantar data yang paling cepat dan tabil.
7. USB (Universal Serial Bus) : adalah standar bus serial
untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di
peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.
8. PCI- Express : (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi module, di
desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi
PCIexpress dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat,
terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x,
16x dan 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistem komunikasi paralel.
PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu
berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.
Sumber :
IV. Jelaskan TEKNOLOGI
KOMPUTER !!
1. Komputasi Awan
(Cloud Computing)
Dapat diartikan sebuah mekanisme yang memungkinkan
kita ‘menyewa’ sumber daya teknologi informasi (software,
processing power, storage dan lainnya) melalui internet dan memanfaatkannya
sesuai kebutuhan kita dan membayar yang digunakan oleh kita saja tanpa perlu
mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya atau memiliki kendali
terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.
2. Komputasi Hijau (Green Computing)
Merupakan implementasi penggunaan sumber daya komputer
secara efisien. Sasarannya antara lain adalah untuk mengurangi penggunaan
bahan-bahan berbahaya, memaksimalkan efisiensi energy selama umur produk, dan
meningkatkan daur ulang serta biodegradasi bagi produk gagal dan limbah pabrik.
3. Komputasi Kuantum
Merupakan system atau alat hitung yang menerapkan
teorema mekanika kuantum, misalnya superposisi dan keterkaitan untuk nelakukan
operasi data. Dalam komputasi klasik jumlah data dihitung dengan bit sedangkan
dalam komputasi kuantum hal ini dilakukan dengan qubit. Prinsip
dasarnya adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk
mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan
untuk melakukan operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk mengembangkan
komputer dengan system kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan
prinsip kuantum.
4. Komputasi Optik
Komputasi Optik merupakan salah satu teknologi
komunikasi antar komputer menggunakan cahaya dan serat optic untuk
penghantarnya. Dalam bahasa teknik dinamakan optic elektronik. Jadi komunikasi
antar computer dalam jaringan local maupun internet tidak menggunakan kabel dan
arus listrik lagi seperti jaringan konvensional yang masih banyak dipakai
sekarang ini. Cahaya jauh lebih cepat dibandingkan listrik, jaringan serat
optic yang menggunakan fiber glass setipis rambut bukan kawat tembaga, dapat
memindahkan informasi 3.000 kali lebih cepat disbanding jaringan kovensional
juga bandwith yang besar. Meski demikian sinyal optic ini menjadi lemah saat
harus diproses oleh chip silicon. Penanggulangannya yaitu menggunakan chip
optic yang dapat beroperasi pada bandwith tinggi sehingga mampu memindahkan
film, game dan file multimedia.
5. Komputasi DNA
Arus listrik dapat dihasilkan melalui bioteknologi
potensial. Bioteknologi bermanfaat untuk menumbuhkan kultur bakteri yang mampu
menghasilkan arus listrik kecil ketika terkena cahaya. Oleh karena itu
teknologi ini dapat digunakan untuk merepresentasikan sinyal digital on/off
dalam dunia computer dan disebut biochip. Secara sederhana sebuah rantai
DNA sintetis yang dapat merepresentasikan informasi pada molekul dapat
dimanipulasi menggunakan reaksi kimia agar dapat menandai dan memperpanjang
rantai DNA. Contoh, sebagai penggant biner, komputasi DNA memanipulasi empat
asam (adenine, sytosine, guanine, timin) untuk memproses angka dalam jumlah
besar dan hal ini bersifat non-digital.
6. Komputasi Paralel
Merupakan system komputasi yang dilakukan secara
bersamaan dengan memanfaatkan beberapa computer independen secara bersama-sama.
Umumnya hal ini dilakukan pada saat kapasitas system komputasi yang diperlukan
sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena
tuntutan proses komputasi yang banyak. Untuk melakukan aneka jenis komputasi
parallel ini diperlukan instruktur mesin parallel yang terdiri dari banyak
computer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara parallel
untuk menyelsaikan satu masalah. System ini juga harus didukung dengan software
yang mendukung agar komputer dapat bekerja secara parallel.
7. Komputasi Vektor
Merupakan system kopmputasi yang menerapkan teorema
vector untuk melakukan pemrosesan data.
Sumber :
V.Jelaskan TEKNOLOGI
PORT I/O di bawah ini !!
1. 1.COM Comunication Port sebuah alat yang dapat di gunakan
untuk menghubngkan atau mentransfer data secara serial.
2 2. PARAREL, sebuah teknik melakukan komputer secara bersamaan
yang memanfaatkan beberapa komputer independent secara bersamaan dan umumnya di
perlukan saat kapasitas yangdi perlukan sangat besar, karena harus mengolah
data dalam jumlah besar.
3. USB Universal Serial Bus yaitu standar bus serial untuk
perangkat penghubung biasanya pada komputer namun bisa di pakai juga atau di
gunakan juga oleh hp dan lainya.
4. SCSI Small Computer System Interface sebuah antar muka
yang berkinerja tinggi dan didefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2
(American National Standards Institute).antar muka ini untuk
digunakan menangani perangkat input/output atau perangkat penyimpanan media.
dan perangkat yang umum di gunakan SCSI yaitu HARD DISK, SCANNER, PRINTER dan
lainnya.
5. INFRARED ialah sinar elektromagnet yang panjang gelombangnya
lebih dari pada cahaya nampak yaitu di antara 700 nm dan 1 mm. Sinar infra
merahmerupakan cahaya yang tidak tampak. Jika dilihat dengan spektroskop
cahaya maka radiasi cahaya infra merah akan nampak pada spectrum
elektromagnet dengan panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya
merah.
6. SERIAL, Komunikasi serial merupakan komunikasi data dengan
pengiriman data secara satu per satu dengan menggunakan satu jalur kabel data.
Sehingga komunikasi serial hanya menggunakan 2 kabel data yaitu kabel
data untuk pengiriman yang disebut transmit dan kabel data untuk
penerimaan yang disebut receive.
7. HDMI adalah sebuah interface yang membundle input video
dan audio sekaligus.Kalo dilihat secara fisik, ia hanya memiliki satu “colokan”
yang didalamnya terdapat banyak koneksi.Fungsinya adalah untuk
menyampaikan data dari mesin penghasil video atau audio ke media lain yang
didesain untuk menerimanya.
8. 1394 adalah standar koneksi internasional, yakni
‘interface digital’ antara komputer dan barang elektronik rumah tangga digital.
Misalnya, teknologi itumembuat memungkinkan transmisi data video, dari kamera
video digital ke komputer secara cepat
Sumber :
VI.Apa yang anda pahami tentang TEKNOLOGI
SLOT EXPANSION !!
1. VGA Card
VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang
berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card,
layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada
yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga
VGA on board.
2. Sound Card adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa
audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya.
Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara,
misalnya sound yang memiliki 4 chanel harus menggunakan speaker aktif dengan 4
speaker dan 1 subwover untuk mendapatkan hasil yang optimal.
3. Lan Card Kepanjangan dari " Local Area Network "
adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti
jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih
kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet
menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100,
atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau
biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat
yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
4. Multimedia Card merupakan perangkat yang biasanya
digunakan untuk akses data gambar, suara (audio) dan video, permainan, pengolah
foto digital, dan lainnya. Contoh software ini misalnya MP3, MIDI, WAV,
teleconference, chatting, video-drive, radio internet, internet, berbagai macam
permainan dan lain sebagainya. Syarat komputer multimedia biasanya memiliki
tambahan perangkat seperti kartu suara (sound card), kartu grafik (graphic
card), speaker, mikrofon dan software (program aplikasi) yang mendukung untuk
mlakukan akses multimedia tersebut.
5. TV Card adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk
menerima dan menonton siaran televisi pada perangkat komputerisasi, terutama PC
Dalam hubungannya dengan koneksi jaringan, terutama internet, mungkin membantu
menyediakan TV maju...
6. FM Card adalah perangkat komputer yang bisa membuat komputer
mampu memproses sinyal radio menjadi suara karena spektrum gelombang radio
menggunakan frekuensi.
7. Game Card
Kartu ini di buat oleh Steven Jackson, Perancang game
dari Amerika yang memiliki Steven Jackson Games (SJ games). perusahaan ini
telah membuat berbagai permainan buatan mereka seperti Car wars, GUURP,
Munchkins dan lainnya. Permainan Illuminati adalah salah satunya yang dibuat
Steven pada tahun 1990. Permainan ini dimainkan dengan cara mengambil,
menghancurkan dan menetralisir grup yang bebas atau milik orang lain. Lawan
Bisa mempertahankan Grup, menggunakan taktik tertentu dan lainnya
8. Modem Card
Modem berasal dari
singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang
mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk
dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal
informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang
diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem
merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua
arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan
bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain
sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkay Keras
yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar